Jumat, 05 Agustus 2011

Fenomena Penampakan Kota Hantu

Warga di sebuah kota di Tiongkok telah dikejutkan oleh penampakan sebuah ‘kota hantu’ yang menjulang ke atas langit.
Fenomana tersebut muncul secara tiba-tiba awal bulan ini, saat kondisi lembab di sepanjang Sungai Xin’an, Kota Huanshan, Tiongkok Timur, setelah diguyur hujan deras.
Gedung-gedung tinggi, pegunungan dan pepohonan nampak muncul lewat kabut menyeramkan yang turun di atas sungai itu senja hari.

Sejumlah warga yang telah merekam peristiwa itu bahkan ada yang mengatakan bahwa fenomena tersebut merupakan pusaran yang melenyapkan ‘peradaban yang hilang’.

Gambar itu telah membuat tercengang sejumlah ilmuwan yang mengunjungi kota tersebut untuk memeriksa kebenaran fenomena aneh itu.
Hal ini hanya diyakini bahwa pemandangan seperti itu kemungkinan hanyalah sebuah ilusi umum dalam cuaca lembab.

Fenomena ini terjadi ketika kelembaban udara menjadi lebih hangat dibandingkan suhu air di bawahnya dan membiaskan sinar matahari, sehingga menciptakan refleksi di atas langit.

Pola dalam fatamorgana biasanya kabur dan berkilauan mirip dengan struktur manusia. Namun fenomena yang muncul di Tiongkok ini merupakan salah satu yang paling jelas dari yang pernah direkam.
 “Ini benar-benar luar biasa, terlihat seperti pada adegan sebuah film,” ujar salah seorang warga.
Ia mengatakan bahwa sejumlah pemandangan serupa juga pernah terlihat belum lama ini, namun fenomena ini merupakan yang paling spektakuler.
Sejumlah fenomena fatamorgana sebelumnya juga pernah dilaporkan di Tiongkok. Pada 2006 silam, koran berbahasa Inggris, China Daily telah menerbitkan empat gambar fatamorgana yang terjadi di lepas pantai Provinsi Shandong, Tiongkok Timur.
Sumber : erabaru.net

0 komentar:

Posting Komentar